Wisata Pedesaan

Oleh Tarjum Sahmad.


Melihat keindahan alam pedesaan yang masih asri dan bebas polusi, sejak beberapa tahun yang lalu saya punya hasrat terpendam, ingin menjadikan desa kami sebagai desa wisata.

Tulisan tentang wisata pedesaan ini terbagi menjadi 5 bagian. Berikut bagian pertama.


Konsep Wisata Pedesaan

Konsep wisata pedesaan yang saya maksud, bukan berwisata ke suatau tempat dengan suasana pedesaan, tapi benar-benar berkunjung ke sebuah desa, berbaur dan bergaul dengan para penduduk desa.

Menginap di rumah petani, ngobrol, makan dan minum bersama petani. Jadi benar-benar wisata pedesaan, bukan sekedar suasananya yang dibuat mirip alam pedesaan.

Aktivias wisata pedesaan meliputi : Jalan-jalan menelusuri kebun dan pesawahan. Bersantai di gubuk sawah sambil menikmati pemandangan indah pesawahan. Memancing di kolam pemancingan. Makan siang dengan menu khas pedesaan.


Paket Menginap

Jika ada wisatawan yang ingin menginap, bisa menginap di salah satu rumah penduduk. Wisatawan boleh memilih di rumah yang sederhana atau rumah yang permanen. Harga sewa menginap jangan terlalu mahal dan disesuaikan dengan fasilitas.

Untuk wisatawan yang menginap, bisa ditawarkan paket makan pagi (sarapan), makan siang dan makan malam. Menu makan khas desa bisa dipilih sesuai selera.

Yang ditawarkan kepada wisatawan bukan kemewahan fasilitas tempat wisata, tapi kemewahan dan keindahan panorama alam pedesaan. Kesederhanaan dan kesahajaan kehidupan para petani di pedesaan.

Wisatawan bukan hanya diajak melihat dan menyaksikan kehidupan masyarakat pedesaan, tapi mencoba, menjalani dan merasakan langsung aktivitas sehari-hari orang-orang desa. Wisatawan bisa ikut ke ladang atau turun ke sawah bekerja dengan para petani.

Pergi pagi hari saat matahari belum terbit, berjalan kaki dari rumah ke sawah atau ladang, bekerja di ladang atau sawah saat terik mentari menyengat dan pulang sore hari menjelang matahari terbenam.

Dengan demikian para wisatawan akan merasakan kesan yang mendalam terhadap suasana alam, keramahan dan aktivitas masyarakat pedesaan. Semua itu akan menjadi pengalaman yang luar biasa dan sangat berkesan saat mereka kembali ke kota.

Bagi anda yang biasa tinggal di belantara beton perkotaan yang bising, sesak dan pengap oleh polusi udara, suasana pedesaan yang hening, tenang dan bersih dari polusi, akan membuat tubuh, jiwa dan pikiran anda kembali segar.


Manfaat untuk Penduduk Desa

Wisata pedesaan adalah konsep wisata yang melibatkan langsung penduduk desa. Semua elemen dan lapisan masyarakat desa terlibat dan menjadi bagian dari aktivitas wisata pedesaan.

Mereka bisa menyediakan rumah mereka sebagai tempat menginap bagi wisatawan. Mereka juga bisa menjual hasil bumi (buah-buahan dan sayuran) dan barang-barang hasil kerajinan sebagai cenderamata bagi wisatawan.

Dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung ke desa, otomatis akan menggerakan roda perekonomian masyarakat desa. Karena sektor pariwisata bisa menggerakan sektor pertanian, industri, perdagangan, telekomunikasi, kebudayaan dan jasa.


Panorama indah desa Cinta Mekar, kecamatan Sagalaherang, kabupatan Subang.






0 komentar:

Posting Komentar

ShareThis

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Wisata Subang © 2013 | Template by Blogger Templates Gallery collaboration with Life2Work